Ukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Anda di Media Sosial Melalui Cara Ini – Belum sukses sebuah bisnis jika pelanggan belum memberikan pernyataan ‘puas’ atas pelayanan dan produk yang dihasilkan pebisnis tersebut. Ya, hal ini karena salah satu tolak ukur sebuah bisnis adalah mengenai kepuasan pelanggan. Bisnis bisa dikatakan sukses jika kurang lebih sebanyak 80% sampai dengan 99% pelanggan menyatakan dirinya puas dengan produk yang dihasilkan tersebut.

Karena itu mengukur tingkat kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pelaku bisnis karena hal ini juga dapat menjadi evaluasi atas apa yang dilakukan.  Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan ada banyak cara yang bisa diterapkan. Selain dengan cara konvensional, cara yang lebih mudah sekarang ini dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan media sosial. Lantas bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan melalui media sosial? Berikut informasi  yang Anda harus tahu!

Baca Juga : cara jualan banyak produk di tokopedia

Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Media Sosial

Cari tahu respon pelanggan

Indikator pertama yang perlu menjadi acuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di sosial media adalah mencari tahu respon dari pelanggan Anda. Anda perlu mengukur waktu respon pertama, waktu respon rata – rata, waktu rata – rata untuk menanggapi respon. Dan juga tingkat pengabaian respon yang penting untuk memperbaiki kualitas layanan bisnis online Anda. Jika setelah pengukuran dilakukan kemudian Anda menemukan fakta bahwa tingkat respon yang diberikan oleh pengguna sosial media masih rendah. Akan tetapi tingkat pengabaiannya terlampau tinggi maka Anda harus mencari dimana letak masalah dari komunikasi tersebut.

Tingkat sentimen pada bisnis online menjadi penentu

Cara mengukur kepuasan pelanggan dari tingkat sentimen dapat terkategori sebagai salah satu kunci penting dalam menjalankan bisnis online sampai sukses. Bisnis online yang dikembangkan tentu juga bisa berjalan dengan lancar jika mendapatkan apresiasi dan juga reaksi positif dari pengguna sosial media. Ada baiknya untuk Anda mencoba memulai memperhatikan feedback yang diberikan para pelanggan. Tentunya atas produk serta juga pelayanan yang diberikan bisnis online Anda. Apakah rating tersebut memiliki nilai positif atau memiliki nilai negatif. Hal ini akan menjadi sebuah acuan untuk memperbaiki bisnis dan juga melakukan inovasi kembali.

Selain itu, tingkat kepuasan pelanggan setia juga dapat menjadi suatu indikator penting bagi suatu bisnis online. Hal ini karena pelanggan yang setia puas dengan layanan yang diberikan dan hal ini dapat berpengaruh pada orang lain untuk lebih percaya dengan bisnis online. Strategi untuk memuaskan pelanggan juga berpengaruh besar dan harus dilakukan secara tepat dan cermat. Kemudian dari sisi kompetitor sendiri mengenai tingkat sentimen juga perlu dilakukan pengukuran untuk membandingkan produk Anda sendiri dengan yang lain.

Volume dan topik yang perlu diukur

Pengukuran dari segi volume dan juga topik bahasan di sosial media merupakan salah satu cara yang sangat mudah untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan melalui sosial media. Kepuasan dari seorang pelanggan juga dapat Anda perkirakan melalui banyaknya pesan pribadi. Dan juga melalui notifikasi yang diterima di sosial media. Jadi indikator yang satu ini akan membuat Anda bisa mengukur kepuasan dari segi kuantitas komentarnya.

Jika setelah kemudian Anda kelompokkan respon serta pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna sosial media. Dengan begini Anda juga dapat melakukan langkah penyusunan suatu frequently asking question untuk mempermudah calon pelanggan dalam mencari seputar bisnis online yang sedang Anda geluti.

Demikian bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda di media sosial yang dapat Anda terapkan. Dengan cara diatas tentunya Anda bisa mencari tahu respon pelanggan atas usaha dan langkah promosi bisnis yang Anda terapkan.