Cara Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Iklan. – Apa saja jenis dan bentuk bisnisnya, salah satu hal yang sangat penting diperhatikan adalah promosi. Promosi merupakan sebuah cara untuk mengenalkan produk kepada khalayak ramai. Tanpa promosi tentu nantinya bisnis yang dijalankan tidak akan dikenal oleh banyak orang. Ada banyak cara promosi yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan melalui iklan.

Belakangan ini cara promosi melalui iklan memang sedang naik daun dan banyak diminati. Akan tetapi beberapa orang ada yang merasa terlalu terbebani dengan cara promosi yang seperti ini. Namun tidak semua promosi perlu melalui iklan. Cara promosi tanpa iklan juga dapat dilakukan. Berikut bagaimana cara tepat membesarkan bisnis tanpa promosi melalui iklan yang dapat diterapkan.

Baca juga : Cara Jualan Banyak Produk di Tokopedia

Cara Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Iklan

Selama ini memang banyak orang yang merasa mustahil menjalankan bisnis tanpa perlu iklan karena dewasa ini iklan dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menunjang potensi kesuksesan bisnisnya. Namun sebenarnya promosi yang dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnis tidak melulu harus melalui iklan.

Cara Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Iklan

Cara Tepat Membesarkan Bisnis Tanpa Promosi Melalui Iklan

Tanpa promosi melalui iklan bisnis juga bisa sukses asalkan strategi promosi dilakukan dengan cara yang tepat. Lalu bagaimana strategi promosi yang tepat dilakukan? Salah satu strategi promosi yang tepat dilakukan adalah menjalankan bisnis dengan memposisikan pelanggan sebagai raja. Dengarkan suara pelanggan Anda, tanggapi pelanggan Anda dan berikan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka butuhkan.

Salah satu contoh bisnis sukses yang tanpa melakukan promosi melalui iklan adalah Zara. Selama ini Zara sudah menjadi sebuah brand bisnis yang sangat terkenal. Nyatanya kesuksesan yang didapatkan oleh Zara ini tidak melalui pengiklan. Zara berusaha melakukan strategi promosi secara konvensional dengan tindakan dan komitmen kepada pelanggan yang mereka miliki.

Semisal, Zara yang bergelut di bidang fashion menyediakan berbagai produk busana dan tas dengan harga yang terjangkau. Mereka selalu berusaha menyediakan produk berkualitas yang dibutuhkan oleh pelanggan. Karena setiap waktu, Zara selalu menerima masukan dan tanggapan – tanggapan dari pelanggan sehingga ke depannya produk fashion yang ia tawarkan termasuk produk tasnya juga selalu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Mereka seakan dapat menangkap desain mode baru dari panggung catwalk dan membawanya ke toko mereka dengan sangat cepat. Semua ini bisa dilakukan oleh Zara untuk mendapatkan umpan balik serta memperbaiki masalah yang pelanggan sampaikan dengan cepat agar pelanggan selalu merasa puas dan bahagia bersama Zara. Dengan semua yang dilakukan oleh Zara tersebut bahkan banyak dari pelanggan Zara yang mengaku puas dengan semua produk berkualitas yang layak beli tersebut.

Cara selanjutnya yang dilakukan oleh Zara adalah memantau tren diantara basis pelanggan di seluruh dunia dengan sangat hati – hati. Mereka juga merespons kecepatan dan ketepatan dengan sangat luar biasa dimana setiap karyawannya juga turut dianjurkan bertanya kepada para pelanggan tentang apa yang mereka inginkan dan mencatat semua tanggapan mereka.

Cara selanjutnya yang dilakukan oleh Zara adalah membuat beberapa salinan dari setiap item. Jadi tidak semua sentuhan desain dari busana yang dilihat pelanggan murni dari desainer Zara. Terkadang Zara melakukan beberapa modifikasi dari tren – tren fashion tertentu untuk menggaet minat para pelanggannya. Bahkan stok – stok tersebut diberikan tidak dalam jumlah yang banyak. Melainkan dalam jumlah yang terbatas bahkan Zara selalu memberikan informasi kuantitas atau ketersediaan tersebut sehingga tentu hal ini menjadikan para peminatnya merasa harus memburu produk yang dijual oleh Zara dengan jumlah terbatas tersebut. Inilah strategi yang juga dilakukan Zara sehingga stok selalu habis karena berusaha memainkan psikologi pembeli dengan mengiming – imingkan barang bagus dengan stok yang terbatas.

Baca juga : Hobi jadi bisnis? Ini syaratnya!

Karena itu jangan heran jika setiap lini produk Zara terjual dengan sangat cepat begitu produk baru sampai di outlet – outlet Zara. Intinya ketika pelanggan melihat barang menarik dan mereka tahu bahwa barang tersebut tidak akan bertahan lama di outlet Zara, mereka akan langsung tiba di toko dan membeli barang tersebut karena takut kehabisan. Dengan cara ini Zara memang seakan menggiring para pelanggan untuk masuk dalam pembelian impulsif. Dan cara ini juga menjadi sebuah cara dan strategi yang sangat brilian dilakukan oleh Zara.

Bagi Anda yang juga sedang ingin menanjakkan bisnis online Anda bahkan tanpa promosi melalui iklan cara diatas dapat Anda terapkan. Dapatkan berbagai kemudahan dalam membesarkan bisnis tanpa promosi dengan menerapkan strategi – strategi diatas. Yang paling penting adalah bagaimana cara Anda untuk bisa memenangkan pasar dan selalu menggaet pelanggan untuk setia dan selalu mencari tahu segala hal tentang Anda. Carilah pelanggan yang loyal dengan cara promosi yang tepat.